TIDAK DILARANG MENCINTAI BUNGA-BUNGA

TIDAK DILARANG MENCINTAI BUNGA-BUNGA

Seorang anak laki-laki diajari untuk mencintai bunga-bunga oleh kakek yang tinggal persis di samping rumahnya. Kata kakek itu, “Hidup harus penuh dengan bunga-bunga. Bunga-bunga tumbuh, tidak peduli hiruk-pikuk dunia. Ia mekar, memberikan kesegaran, keremajaan, keindahan. Hidup adalah bunga-bunga. Bunga indah bagi diri sendiri dan yang memandangnya. Ia setia demgan memberikan keindahan. Ia lahir untuk membuat dunia indah. Tataplah sekuntum bunga dan dunia akan terkembang dalam keindahan di depan hidungmu.”

Sayangnya mencintai bunga-bunga ditentang keras oleh ayah anak laki-laki itu yang beralasan bahwa laki-laki tak perlu bunga. Bunga-bunga hanya akan mengubah laki-laki menjadi cengeng. Tangan laki-laki mesti kekar karena memecah batu bukan menimba air banyak-banyak untuk menyiram bunga-bunga. 

Begitulah penuturan cerpen berjudul “Dilarang Mencintai Bunga-Bunga” karya Kuntowijoyo yang dinobatkan sebagai cerpen terbaik di tahun 1969. Sastrawan besar sekaligus Sejarawan asal Yogyakarta pemegang gelar Master dan Doktor dari Connecticut University dan Columbia University ini memang mengusung gagasan ‘Sastra Transendental’ yang tak hanya memotret realitas keseharian namun juga berupaya mentransformasikannya ke arah cita-cita ideal. 

Angkat bicara perihal bunga-bunga, di Canada sendiri ada beberapa macam bunga yang bibitnya dapat bertahan di kerasnya Musim Dingin untuk lalu bebas berkembang merekah tanpa masalah pada Musim Semi. Bunga-bunga yang justru membutuhkan situasi Musim Dingin Canada yang ekstrem agar mekarnya mencapai kesempurnaan saat Musim Semi.  

Istimewanya lagi, setiap bunga memiliki simbol serta makna tertentu. Barangkali nama-nama bunga berikut dapat memberi inspirasi untuk menanamnya di halaman rumah sebab, tentu saja, sama sekali tidak ada larangan untuk mencintai bunga-bunga ini. 

Crocus Flower

Photo by Yoksel 🌿 Zok on Unsplash

Memiliki 90 species, bunga ini bahkan seringkali terlihat menyembul di antara kebekuan salju. Berasal dari pegunungan Alpen, Eropa bagian Selatan, daerah Mediterania, Afrika Utara dan Timur Tengah serta sepanjang jalur Asia Tengah hingga Propinsi Xinjiang di bagian Barat Cina. Telah sejak lama dijadikan perlambang harapan baik, sukacita dan youthfulness. Salah satu species dari bunga ini merupakan penghasil Saffron, bumbu masakan berharga paling mahal di dunia. 

Geraniums

Photo by Gemma Evans on Unsplash

Baca juga:  Rem Darurat di Tengah Kota

Dapat tumbuh mencapai 90 – 120 cm, berasal dari Afrika Selatan, mempunyai 400 species sekaligus gampang hidup di mana pun berada. Selain ampuh menangkal nyamuk, aroma daunnya sering digunakan untuk menambah cita rasa pada kue juga puding. Bisa pula diseduh menjadi teh. Tersemat arti pada bunga ini adalah friendship, wishes for good health, happiness and positive emotions

Daffodil

Photo by Beth Jnr on Unsplash

Tergabung dalam Amaryllis family serta ada 13.000 ragam jenisnya. Aslinya dari Eropa bagian Selatan dan Afrika Utara. Bisa hidup segar sampai 7 hari lamanya dalam vas bunga. Meski ada jenisnya yang mengandung semacam racun sehingga membuat kelinci enggan mendekat namun jenis lainnya memproduksi Galantimine, bahan kimia penting dalam perawatan bagi penderita Alzheimer. Daffodil merupakan salah satu bunga yang hadir paling pertama menandai masuknya Musim Semi. Karena itu menyandang makna hope, rebirth and renewal

Snowdrop Flower

Photo by Yoksel 🌿 Zok on Unsplash

Di beberapa negara, bunga yang memiliki 2500 versi ini termasuk flora dilindungi. Hal tersebut dinyatakan dalam ketentuan CITESThe Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna. Sehingga terhitung sebagai perbuatan melawan hukum dan ilegal apabila membawanya melintasi perbatasan tanpa ijin tertulis dari CITES. Sama halnya dengan Daffodil, salah satu jenis Snowdrop pun menghasilkan Galantimine, bahan kimia penting dalam perawatan bagi penderita Alzheimer. Warnanya yang putih bersih membuatnya menjadi perlambang purity, innocence dan sympathy

Lily

Photo by Hannah Olinger on Unsplash

Bunga yang bisa tumbuh mandiri tanpa adanya campur tangan manusia ini sejatinya merupakan social plant. Hidup terbaiknya didapat secara berkelompok. Antara 3-5 kelompok. Mudah ditemukan dalam beragam warna seperti kuning, merah, jingga, ungu, putih dan merah muda. Wangi khasnya membuatnya sering dijadikan penghias ruangan. Akar bunganya, dalam tradisi  Cina kuno, merupakan obat ampuh penurun demam. Padanya terkandung makna prosperity, pride, confidence dan keberuntungan.

Back to Top