Taburan Confetti di Langit Vancouver

Taburan Confetti di Langit Vancouver

Tanggal 12 – 13 Agustus ini, menurut para ahli, langit Vancouver akan menjadi panggung utama bagi salah satu pertunjukan hujan meteor terbaik di tahun 2021. 

Meteor Perseid, begitu disebutnya, setiap tahun dapat dilihat saat bumi melintasi jalur komet Swift-Tuttle dan keindahannya yang paling menakjubkan bisa disaksikan dengan mudah dari belahan bumi utara. Cukup menengadahkan kepala saja lalu persembahan dari alam tersebut langsung terpampang sempurna. 

Diperkirakan pada penghujung malam, sekitar pukul 3 dini hari, di setiap jam akan ada 50-60 meteor Perseids yang menghantam atmosfer bumi dengan kecepatan 59km/detik. Itu berarti sama dengan 1 meteor per menit! Luar biasa!

Komet Induk meteor Perseids yang bernama Swift-Tuttle terdiri dari sekumpulan gunung es, debu dan kerikil selebar 26km. Mengorbit dalam jangka waktu 133 tahun mengelilingi matahari. Kemunculan terakhirnya terlihat dari bumi adalah pada tahun 1992. Artinya baru akan kembali nampak tahun 2125. 

Saat garis edar bumi bersinggungan dengan jalur lintasan komet maka gesekan puing-puing pada ekor komet menyebabkan ‘kilatan’ yang dengan aman menguap di ketinggian sekitar 80km pada atmosfer bumi. Menjadikannya semacam ‘confetti’ yang bertaburan dalam kegelapan malam. 

Canadian Space Agency – Badan Antariksa Canada memberikan tips menonton pertunjukan hujan meteor:

  • Apabila memungkinkan, menjauhlah dari binar-binar lampu kota yang bisa menyulitkan melihat hujan meteor secara sempurna. Bisa mencari tempat terbuka yang lapang tanpa diganggu terlalu banyak kilau cahaya.
  • Meskipun sekarang sedang Musim Panas, tetap ada baiknya menyiapkan baju hangat sebab malam-malam tertentu di bulan Agustus bisa terasa dingin.
  • Menanti kedatangan Meteor Perseids, bisa dilakukan sambil duduk bersantai di kursi malas atau berbaring di atas hamparan kain. Posisi demikian tidak hanya membuat lebih nyaman mengarahkan tatapan ke langit, namun juga bisa mengedarkan pandangan lebih luas. 
  • Bawalah termos berisi coklat panas atau kopi. Juga camilan. 
  • Sabar menanti. Jangan cepat menyerah karena pagelaran semesta ini sungguhlah layak untuk ditunggu.
  • Jangan lupa siapkan ratusan permintaan untuk diucapkan pada ratusan bintang jatuh!

Photo by Austin Schmid on Unsplash

Baca juga:  Duabelas Menit Membebani Sepuluh Ribu Tahun
Back to Top