Sirup Maple Menguak Pagi

Sirup Maple Menguak Pagi

Menjumpai Sirup Maple (Maple Syrup)  membanjiri setangkup pancakes mengepul hangat adalah The Sweetest Distraction sekaligus The Everwanted Satisfaction tatkala menguak pagi.

Barangkali itu sebabnya perlu ditetapkan sebuah hari untuknya dan tiap 17 Desember absah sudah, sejak tahun 2015, sebagai National Maple Syrup Day

Begitu istimewanya Sirup Maple di Canada hingga  disebut sebagai emas cair. Dibuat dari getah manis pohon maple yang daunnya terpampang pada bendera Canada.

Sirup Maple merupakan temuan penduduk asli benua Amerika yang dengan murah hati mengajarkan kepada pemukim Prancis di awal kedatangan mereka. Termasuk cara mengawetkan daging mengunakan getah Maple yang kini telah diadopsi secara luas.

Dalam proses terjadinya, Sirup Maple teramat membutuhkan keseimbangan. Betul-betul bergantung penuh pada kesatuan suhu hangat dan dingin yang tepat agar getah dalam pohon Maple bisa mengalir. Di musim semi, lapisan kayu getah dari gula Maple – yang terletak tepat di bawah kulit pohon โ€“ berperan semacam jalan tol. Membawa gula yang diperlukan dari akar untuk memberi makan pertumbuhan baru. Ketika suhu malam hari turun di bawah titik beku, getah kayu berkontraksi, menciptakan tekanan negatif yang menarik getah ke atas.

Suhu siang hari yang hangat membantu getah kayu mengembang, menciptakan tekanan positif yang menyebabkan getah mengalir. Temperatur naik-turun itulah yang diperlukan untuk menjaga supaya getah terus  memompa.

Menyadap pohon Maple meninggalkan bekas luka namun ketika getahnya habis, pohon akan menutup luka secara alami. 

Getah yang berasal langsung dari pohon, sebagian besarnya  adalah air – hanya 2% gula. Itu sebabnya produsen Sirup Maple merebusnya. Menargetkan minimal 66% gula dalam sirup mereka. Dibutuhkan 40 galon sirup langsung dari sumbernya demi menghasilkan satu galon sirup saja setelah pemrosesan. Untuk menempatkannya dalam perspektif bisa disamakan dengan, misalnya, susu hasil perahan sebanyak satu bak mandi penuh ukuran rata-rata yang kemudian diproses hingga menyisakan sekotak susu saja. 

Baca juga:  Risalah Santap Megah

Rasa sirup pun tergantung kapan getahnya mengalir. Getah pada awal musim cenderung lebih ringan warna dan rasanya. Kemudian di pertengahan musim tersebut, saat suhu lebih hangat, getahnya menjadi gelap. Semakin gelap warnanya, semakin kuat rasa Sirup Maple. Pada  Sirup Maple Kelas A Canada terdapat empat klasifikasi terkait dengan warna: Golden, Delicate Taste, Amber, Rich Taste, Dark, Robust Taste dan Strong Taste.

Sirup Maple bisa berperan mengganti pemanis cair seperti madu atau sirup jagung dengan rasio satu banding satu. Sedangkan jika  menjadi mengganti pemanis butiran seperti gula, gunakan 2/3 cangkir Sirup Maple untuk setiap 1 cangkir gula pasir. 

Adapun Sirup Maple murni, diketahui memiliki tingkatan senyawa antioksidan bermanfaat setara yang ditemukan pada semua jenis buah Beri-berian , Tomat, Teh, Anggur Merah dan Gandum Utuh.Sebanyak 80% Sirup Maple dunia berasal dari Canada dan Propinsi Quebec menyediakan sebanyak 2/3 kebutuhan dunia. Sampai-sampai memunculkan ungkapan populer, โ€œAs Canadian As Maple Syrupโ€.

Cover Photo by Nadine Primeau on Unsplash

Back to Top