Singgah Tanpa Resah

Singgah Tanpa Resah

Bepergian, pelesir, berwisata, jadi sedikit berbeda sekarang akibat didera situasi tak pasti. Perlu mengambil lebih banyak waktu untuk menyusun acara piknik dengan matang, saat memutuskan menyinggahi suatu tempat. Sebagai langkah awal, Pemerintah British Columbia telah membuat 10 tips guna membantu para pelancong dalam melakukan perjalanan secara bertanggung jawab:

Perencanaan Cermat (Plan Ahead)

Luangkan waktu ekstra untuk meneliti dan merencanakan perjalanan secara cermat. Tempat-tempat wisata, bisnis dan layanan di British Columbia telah menerapkan protokol baru dan menambah beberapa kebijakan untuk memastikan terjaminnya keselamatan. Ada baiknya mempelajari hal itu semua sebelum mengambil keputusan. Semisal, akan mengunjungi suatu tempat yang belum pernah didatangi. Atau mencari tahu terlebih dahulu perubahan jadwal layanan transportasi publik, seperti BC Ferries

Saling Menjaga (Be Respectful)

Pariwisata yang bertanggung jawab, menciptakan keselamatan bagi pihak-pihak terlibat. Tak hanya bagi pengunjung, namun juga untuk para staff, karyawan dan siapapun di area tempat wisata. Saling menjaga dan menghormati serta mematuhi pedoman yang berlaku di kawasan tersebut, pasti membuat nyaman semuanya. 

Kelompok Kecil (Travel in Small Groups)

Piknik beramai-ramai pastilah menyenangkan. Akan tetapi, dalam kondisi saat ini, bepergian dalam kelompok kecil adalah keputusan bijaksana. Bisa dengan mudah mempraktekkan physical distancing di tempat umum. Terlebih, destinasi wisata dan transportasi umum pun mengurangi kuantitas. 

Membatasi Destinasi (More Time, Fewer Locations)

Lebih banyak lokasi yang dikunjungi, berarti memerlukan lebih banyak waktu riset. Sebab setiap tempat wisata memiliki aturannya masing-masing. Daripada keluar masuk di beberapa destinasi, barangkali lebih baik pergi ke satu tujuan saja, lalu menjadikannya sebagai “home-base” untuk menjelajahi lingkungan sekitarnya.

Membawa Barang Penting Saja (Pack Essentials)

Seandainya mendatangi daerah pedesaan, pastikan memasukkan bahan pangan yang lebih dari cukup ke dalam tas. Selain supaya tidak terlalu sering membeli makanan yang, mungkin, minim karena terhambatnya distribusi ke area tersebut, juga mengurangi kontak dengan komunitas lokal yang fasilitas kesehatannya terbatas. Lebih baik lagi bila menyiapkan sendiri sabun tangan, masker, tisu dan semacamnya. Bukan jaminan bahwa semua kawasan wisata menyediakan hal-hal tersebut untuk pengunjung.

Jaga Jarak Aman (Stay Apart, Stay Safe)

Tetaplah terus menjaga jarak secara fisik, menggunakan masker dan sering mencuci tangan. Ikuti rekomendasi http://www.bccdc.ca/health-info/diseases-conditions/covid-19/prevention-risks dalam mempelajari berbagai langkah penting pencegahan. Menggali informasi juga dari pengelola destinasi wisata mengenai hal-hal yang mereka terapkan agar pengunjung dan para staff tetap aman. Sebagai informasi, WorkSafeBC sekarang mengharuskan pelaku-pelaku bisnis di berbagai bidang untuk mengunggah protokol kesehatan serta keselamatan yang diberlakukan di tempat kerja mereka, agar mudah dilihat oleh staff-staff mereka dan para wisatawan.

Memelihara Kebersihan (Leave No Trace)

Saat menjelajahi dan menikmati udara terbuka, jangan pernah membawa apapun dari situ selain kenangan dan jangan pernah meninggalkan apapun di situ selain jejak kaki. Tidak mengganggu satwa liar serta pelajari dulu pedoman di https://www2.gov.bc.ca/gov/content/safety/wildfire-status jika ingin membuat api unggun. Silakan kunjungi pula https://www.leavenotrace.ca/home agar dapat menghayati alam bebas tanpa menimbulkan kerusakan.

Menjadi Petualang Cerdas (Be Adventuresmart)

Apapun segala bentuk aktivitas luar ruangan yang akan dijalani, semuanya harus berangkat dari persiapan yang maksimal. https://www.adventuresmart.ca/ @bcadvsmart dapat menjadi sumber informasi sebelum menentukan destinasi dan jenis petualangan. 

Tenang, Sabar, Tertib (Be Calm, Be Patient, Be Kind)

Ingatlah, bahwa kondisi dan situasi saat ini memang sesuatu yang tidak lazim yang mesti dihadapi bersama. Sehingga berwisata pun, barangkali, tetap akan menemui kendala meskipun sudah merencanakan segala sesuatunya secara sempurna. Seperti harus antre lebih lama dari biasanya atau pembatalan tiba-tiba. Tak perlu mengumpat. Tetaplah tenang, sabar dan tertib. Lebih baik menyiapkan rencana B sebagai alternatif apabila pilihan pertama tidak memungkinkan. 

Mendukung Bisnis Lokal (Support Local Businesses)

Bisnis pariwisata di British Columbia teramat ingin menyambut pengunjung lokal pada Musim Panas tahun 2020 ini. Beragam bentuk dukungan betul-betul diperlukan. Terlebih masih ditutupnya perbatasan internasional, maka bisnis lokal membutuhkan sokongan melampaui tahun-tahun sebelumnya.

Hubungi https://www.hellobc.com/plan-your-trip/visitor-information-services/ dan https://www.hellobc.com/whats-open-in-bc untuk mengetahui lebih jauh cara memberi dukungan.

Cover Photo by Andre Furtado from Pexels

Back to Top