Seratus Tahun Kelopak-Kelopak Mawar

Seratus Tahun Kelopak-Kelopak Mawar

Tahun 1920, tepat seratus tahun lalu, sebuah organisasi jasa di Vancouver bernama Kiwanis Club menghibahkan $3600 kepada Vancouver Park Board untuk membuat sebuah kebun bunga mawar, berlokasi di Stanley Park

Tujuan utamanya, saat itu, adalah untuk menunjukkan β€œthe possibilities of Rose Culture in Vancouver”. Bahwa kota Vancouver dapat memiliki kebun bunga mawar, menumbuhkan banyak rupa bunga mawar secara sempurna dalam penataan kelas dunia (world class). Tentu saja perlu perjuangan tidak sebentar untuk meraih status β€œWorld Class” tersebut dan mempertahankannya.  

Meskipun beberapa varietas mawar yang ditanam pada awal kebun bunga mawar itu didirikan tidak bisa bertahan, namun sampai kini, terdapat tak kurang dari 3500 semak mawar beragam jenis dengan corak berbeda yang tersusun apik membentuk 60 rangkaian ambalan.  Menjadikannya sebagai taman mawar publik terbesar di bagian barat Canada. Adapun variannya meliputi Hybrid Tea, Climbers, Ramblers, Long Stem, English Form, Boulevard, Floribunda, Shrub, Flamingo, Grandiflora. Berkat perawatan yang mumpuni, bunga-bunga mawar itu menjadi tahan penyakit sehingga tidak perlu dilakukan penyemprotan anti hama. 

View this post on Instagram

Happy 100th Anniversary to the Stanley Park Rose Garden! #stanleypark #vancouver #canada

A post shared by StanleyParkVan (@stanleyparkvan) on

View this post on Instagram

πŸ“Έ: @lenggloriani (a.k.a my mom)

A post shared by Cay (@_cylsgray) on

Memasuki kebun bunga mawar ini, selain disambut pancaran warna-warni mawar aneka rupa, juga disongsong seketika oleh aroma semerbak mawar yang terbawa angin. Bulan Juni hingga Agustus adalah bulan-bulan terbaik untuk menikmatinya. Menjelang akhir bulan Agustus, barangkali bunga-bunga mawar itu sudah melewati masa terindahnya, akan tetapi masih elok dipandang. Tak pelak, kebun bunga mawar ini menempati peringkat atas sebagai area favorit warga Vancouver dalam mengabadikan pernikahannya. 

Selamat Ulang Tahun ke 100 tahun Rose Garden!

Cover Photo by Nadia Valko on Unsplash

Kembali