Salmon ‘Homecoming’

Salmon ‘Homecoming’

Salmon adalah sumber kehidupan bagi British Columbia. Juga bagi First Nations (bangsa asli), nelayan dan, tentu saja, para pecinta kuliner. Pada Musim Gugur, seperti sekarang, jutaan ikan salmon berenang dari lautan bebas, melompati air terjun, melawan arus menuju hulu untuk kembali ke sungai, tempat mereka dilahirkan.Β  Sebagian besar sungai menyambut kepulangan ikan-ikan Salmon tersebut di bulan September sampai November. Puncak arus mudik, biasanya, terjadi pada bulan Oktober. Berikut adalah beberapa tempat di area Vancouver untuk menyaksikan Salmon homecoming:

Capilano Hatchery, North Vancouver

Salah satu tempat terbaik untuk melihat Salmon pulang kampung. Terdapat sebuah jendela kaca tembus pandang langsung ke bawah air. Di sini, ada Salmon jenis Chinook dan Coho yang berenang dan melompat-lompat di hulu. Lokasinya pun mudah dicapai dengan transportasi publik.

Hoy Creek Hatchery, Coquitlam

Selain mendapati gerombolan Salmon yang mudik, bisa disaksikan pula proses pemijahan (proses pelepasan sel telur dan sel sperma dalam rangka pembuahan) dari Salmon jenis Coho dan Salmon jenis Chum di sini. Perayaan Salmon homecoming tahun ini di Hoy Creek Hatchery, akan diselenggarakan tanggal 20 Oktober 2019, mulai pukul 11 sampai jam 3 siang, dengan live music, pameran pendidikan dan beraneka kegiatan anak-anak.Β 

Little Campbell River Hatchery, Surrey

Terletak di Surrey bagian Selatan, tempat ini dikelola secara sukarela oleh para anggota Semiahmoo Fish and Game Club sejak 1983. Terdapat Salmon jenis Steelhead, Coho dan Chinook. Sebuah jaring terpasang di tengah sungai untuk memudahkan para relawan mengidentifikasi dan menghitung jumlah Salmon yang pulang kampung. Setelahnya, ikan-ikan Salmon itu dilepas kembali agar beranak-pinak di hulu. Tak kurang dari 3500 ekor ikan Salmon homecoming setiap tahunnya.

Indian Arm

Kawasan di sebelah Timur Laut Vancouver yang terhubung dengan Samudera Pasifik. Sebuah wilayah tradisional milik First Nations dari suku Tsleil-Waututh sekaligus nirwana bagi ikan-ikan Salmon. Karenanya, mendatangi tempat ini tak hanya bisa memantau Salmon pulang kampung, namun juga dapat menghayati budaya antara First Nations dan Salmon yang telah terikat erat sejak dulu. 

Mamquam Spawning Channel, Squamish

Sungai Mamquam yang mengalir membelah Squamish merupakan tempat pulang bagi ribuan ikan Salmon di setiap Musim Gugur. Rangkaian terowongan yang dibangun sepanjang tahun 1980-1990 menjadi persemayaman ideal bagi Salmon jenis Coho dan Steelhead untuk melakukan proses pembuahan. Lokasinya yang sedikit menanjak, menjadikan tempat ini bagus untuk hiking sembari memandangi Salmon homecoming.

Tenderfoot Creek Hatchery, Squamish

Kampung halaman bagi Salmon jenis Chinook, Coho dan Chum, yang berada tepat di sebelah Utara Squamish. Juga area ideal untuk mengamati burung-burung Elang. 

Terminal Creek Hatchery, Bowen Island

Silakan menaiki kapal ferry menuju Bowen Island. Turun di Snug Cove dan berjalan sekitar 10 menit ke zona pemancingan di Crippen Park. Seketika akan menjumpai kawanan Salmon jenis Coho, Chinook dan Chum yang bergerombol.

Weaver Creek Spawning Channel, Harrison Mills

Didirikan tahun 1965, menjadikan daerah yang membentang sejauh 3 kilometer ini sebagai salah satu surga bagi ikan Salmon untuk bertelur. Salmon Sockeye paling banyak dijumpai, selain Salmon jenis Chum dan Pink Salmon.

Photo by Drew Farwell on Unsplash

Kembali