Ode Senja Iona Beach

Ode Senja Iona Beach

Andai dapat bersuara, seperti apa bunyi suasana senja itu?

Ada yang bilang ‘like a hello after a long goodbye’. Sapaan pertama setelah sekian lama tak berjumpa. Menenangkan.

Barangkali pengandaian itu tepat disematkan di Iona Beach Regional Park, yang merupakan kawasan perjumpaan antara Fraser River dan Samudera Pasifik. 

Meskipun agak tersembunyi, pantai ini berjarak hanya 35 menit saja dari tengah kota. Sayangnya, tidak ada transportasi publik yang dapat digunakan untuk mencapainya. 

Selain menawarkan area unik daratan yang meliputi dermaga pasir sepanjang 4 km di tepian muara, panorama bagian barat Vancouver di batas horizon, terdapat pula tak kurang dari 300 spesies burung-burung laut. Menjadikannya seperti a mecca for thousands of migrating birds dan tempat paling baik untuk mengamati burung-burung. Kegiatan semacam Introduction to Birding atau Bird Photography for Beginners kerap diadakan. Lokasinya yang berdekatan dengan Bandara International Vancouver, membuat burung-burung laut dan burung-burung besi acap terbang beriringan di cakrawala Iona Beach. Pemandangan menakjubkan!

Pantai yang berada dalam pengawasan Dewan Tata Kota Vancouver sejak 1990 ini, mempunyai jam operasional. Mulai dibuka jam 7 pagi dan tutup jam 10 malam. Seringkali sangat berangin sehingga menjadi tantangan apabila berjalan atau bersepeda menghadap arah angin. 

Jadi bagaimana sebenarnya bunyi senja?

Ada yang bilang seperti suara hangat senandung Ibu menemani anaknya sampai terlelap.

Ada yang bilang seperti debur jantung ketika berada dalam dekapan orang yang dicintai. 

Deburan dengan aransemen teratur dan indah.

Mendekati sempurna.

Namun,

Ode Senja Iona Beach memiliki coraknya sendiri.

Kembali