Musim Menjadi Semaunya

Musim Menjadi Semaunya

Autumn is a second spring when every leaf is a flower”. Demikian ungkapan elok Albert Camus, seorang filsuf Perancis, penulis dan jurnalis, juga peraih hadiah Nobel di bidang literatur untuk menggambarkan pesona Musim Gugur.  Musim di mana daun-daun yang semula berwarna serupa dan senada, tiba-tiba bisa “bebas memilih” untuk mengubah diri menjadi warna coklat, kuning, jingga, ungu, merah. Semaunya.

Cuaca, tentu saja, menjadi sedikit lebih dingin. Namun bagi sebagian orang, Musim Gugur justru merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pendakian agar bisa mendapatkan pengalaman berada dalam rerimbunan dedaunan dengan warna-warni khas Musim Gugur dan berjalan di sela-sela riuhnya daun-daun yang berguguran. Sudah pasti pula Vancouver menyediakan tempat-tempat istimewa untuk melakukan pendakian yang menyenangkan di musim ini.

Hanya karena area pendakian ini berlokasi tak jauh dari Vancouver, bukan berarti abai terhadap keamanan diri sendiri. Alam tetaplah alam. Keselamatan mestilah selalu menjadi hal yang utama. Karenanya, North Shore Rescue merekomendasikan untuk mengemas ransel dengan peralatan P3K, melihat ramalan cuaca, membawa pakaian ekstra sehingga siap menghadapi segala kemungkinan perubahan cuaca yang mendadak, membawa senter karena gelap lebih cepat datang saat ini serta memberi tahu rencana pendakian kepada teman dan keluarga.

Maplewood Flats Conservation Area

Hutan kecil ini terletak di sepanjang garis pantai Vancouver Utara, dekat dengan Second Narrows Bridge. Dikelola langsung oleh The Wild Bird Trust dari British Columbia, menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang bagus untuk mengamati burung-burung liar. 

Trail Stats: Mudah / datar / loop 2km / 1 jam 

Velodrome Trail, Burnaby Mountain

Sebuah jalur pendakian yang tidak terlalu panjang meski cukup curam. Ada sekitar 500 anak tangga yang harus dilewati menuju puncak Burnaby Mountain, tapi sepanjang jalan akan disuguhi pemandangan hutan yang “menyala” dalam nuansa merah merona dan kuning keemasan dari daun-daun yang berubah warna.  Pastikan agar meluangkan waktu untuk bergaya di antara pohon-pohon spektakuler tersebut. 

Trail Stats: Sedang / perjalanan pulang-pergi 3km / 1,5 jam

Mount Strachan, Cypress Provincial Park

Puncak Mount Strachan adalah titik paling sempurna untuk menyapukan pandangan melihat Alpine Meadows yang sedang beralih warna. Rumput dan semak-semak Blueberry bersalin rupa dari warna hijau menjadi jingga cerah dan merah bata. 

Trail Stats: Menantang / perjalanan pulang-pergi 10,5km / 5 jam

Elfin Lakes, Garibaldi Provincial Park

Berdasarkan jajak pendapat di kalangan pecinta alam, tempat ini merupakan salah satu tempat paling pas didatangi saat Musim Gugur. Panorama keindahannya sungguh tak usah disangsikan. Apabila pendakian menuju Elfin Lakes dirasa terlalu jauh, maka perjalanan bisa berhenti di Red Heather Meadows dan tetap akan memperoleh keelokan Musim Gugur yang sama.  

Trail Stats: Menantang / perjalanan pulang-pergi 22km / 6-8 jam

Elk Mountain, Chilliwalk

Walaupun terbilang curam, ini adalah jalur pendakian favorit para pendaki Fraser Valley. Mengapa demikian?Sebab dari puncaknya, akan nampak permadani bunga-bunga liar Musim Panas yang bersiap berganti warna dengan warna-warni Musim Gugur. 

Trail Stats: Menantang / perjalanan pulang-pergi 7km / 4 jam

Kembali