Lima Oasis Pemburu Keheningan di Jantung Kota Vancouver

Lima Oasis Pemburu Keheningan di Jantung Kota Vancouver

Vancouver adalah kota menarik dengan tampilan istimewa. Terletak persis di tepi laut serta dikelilingi pegunungan, Vancouver tidak hanya menyajikan panorama yang disediakan langsung oleh alam, namun juga berhasil mempresentasikan kota yang tertata.

Gedung-gedung pencakar langit modern bersisian apik dengan bangunan klasik. Taman-taman yang diisi karya seni kontemporer bersanding dengan ruang hijau serta kebun-kebun penuh beraneka bunga warna-warni. Berikut adalah 5 kebun bunga yang bisa dikunjungi untuk sekadar menyapa Daffodil atau Amaryllis.

VanDusen Botanical Garden

Kebun bunga seluas 55 hektar, yang sebelumnya merupakan lapangan Golf ini mempunyai 40 tema, antara lain sudut dengan penataan gaya Korea, Jepang dan Perancis. Terletak di tengah kota, VanDusen Botanical Garden seperti memanjakan siapapun yang datang untuk melepas penat. Ada bukit mungil berumput, jalan setapak dengan ratusan bunga lilac dan lavender di kanan-kirinya, hutan mini, semak-semak geranium berbentuk labirin, petak-petak bunga matahari dan berbagai pahatan artistik. Gemercik air dari kolam-kolam kecil di berbagai sudut ditingkahi nyanyian burung akan membuat terasa seperti di negeri dongeng.

UBC Nitobe Memorial Garden

Memancarkan ketenangan adalah salah satu ciri khas kebun bunga bergaya Jepang. Demikian halnya di Nitobe Memorial Garden yang berlokasi di University of British Columbia (UBC). Dr. Inazo Nitobe, yang namanya diabadikan sebagai nama kebun seluas 2,5 hektar ini, adalah seorang ilmuwan Jepang yang memiliki tujuan personal, โ€œto become a bridge across the Pacificโ€ (menjadi penghubung lintas Pasifik). Dibuat oleh arsitek dan penata kebun bunga yang direkomendasikan langsung oleh pemerintah Jepang, Nitobe Memorial Garden menjadi salah satu kebun bunga tradisional Jepang paling orisinal di Amerika Utara dan termasuk ke dalam lima besar terindah di luar Jepang. โ€œSaya sedang berada di Jepangโ€™, ujar Kaisar Akihito saat menyambangi kebun ini. Kolam ikan Koi, bunga Azalea, sungai kecil dan air terjun, lentera batu, tanaman Bonsai, pohon Sakura dan bunga Iris, ditempatkan semuanya selaras antara satu dengan lainnya untuk memberikan efek harmonis dan menenteramkan.

Artikel Terkait: Larik Patera Makanan Jiwa

Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden

Sebuah kebun bunga bersejarah di area Chinatown yang ramai. Merupakan salah satu oasis bagi pemburu keheningan di jantung kota. Dibangun ketika Vancouver menjadi tuan rumah penyelenggara Expo Dunia (World Expo) tahun 1986, kebun yang mengadopsi halaman rumah Dr. Sun Yat Sen, cendekiawan Tiongkok dari jaman Dinasti Ming di abad 15 ini adalah kebun bergaya Cina klasik otentik pertama yang dibangun di luar Tiongkok. Seluruh komponen penghias kebun dipilih sangat cermat dari alam serta buatan tangan 52 pengrajin trampil yang didatangkan langsung dari Cina dengan membawa semua bahan dan alat tradisional yang dibutuhkan. Perlu waktu 13 bulan untuk menata 160 lebih spesies tanaman, jalur berkelok-kelok, jembatan, air terjun, kolam teratai berwarna hijau giok serta paviliun yang berfungsi sebagai museum dan galeri. Selain pohon pinus, cemara dan bambu, juga terdapat pohon asli dari Cina yang telah berumur 200 tahun. Tak pelak, National Geographic pun menahbiskan Dr. Sun Yat-Sen Classical Chinese Garden, Vancouver, sebagai taman kota nomer 1 di tahun 2012.

Bloedel Floral Conservatory & Queen Elizabeth Park

Selalu mendapat lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahunnya, kebun seluas 52 hektar yang juga merupakan rumah bagi Bloedel Floral Conservatory, teramat populer sebagai tempat mengikat janji suci pernikahan. Queen Elizabeth Park dibuka lebih dulu tahun 1960-an. Tujuh tahun setelahnya, barulah didirikan pusat konservasi yang menampung lebih dari 500 tanaman dan burung-burung eksotis yang beterbangan di dalam kubah kaca besar tersebut. Di samping ย memiliki belantara mawar yang memukau, terdapat pula area yang dipenuhi tanaman asli Canada.

Artikel Terkait: Mengurai Penat di Titik Tertinggi โ€“ Bloedel Conservatory

UBC Botanical Garden

Telah ada sejak 1916, UBC Botanical Garden adalah kebun tertua sekaligus salah satu taman botani terbaik di Canada. Berukuran 44 hektar, kebun ini menampilkan 3500 tanaman yang ditemukan di British Columbia, 400 varietas Rhododendron dan menyimpan 180 pohon buah-buahan yang hasil panennya rutin didonasikan ke Salvation Army, sebuah lembaga amal International yang terdapat di 131 negara. Kebun ini acapkali menjadi tempat terselenggaranya acara berskala Internasional semisal lokakarya bersama ahli hortikultura, praktisi kesehatan, pelaku gaya hidup sehat hingga festival baca puisi di taman. ย 

Aktor Hollywood Jim Carrey pernah mengungkapkan bahwa bunga tidak pernah risau mengenai bagaimana cara mereka berbunga. Tidak pernah khawatir apakah mereka tampak menarik atau tidak.

Demikian pula termaktub dalam kalimat penutup pada bait lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud yang berjudul, โ€œLihat Kebunkuโ€, maka lima kebun bunga tersebut memang semuanya indah.

Pemilik Foto: Pinky Brotodiningrat

Cover Image by Ingi Finnsson from Pixabay

Kembali