Keadilan bagi Semua Bukan Ilusi

Keadilan bagi Semua Bukan Ilusi

Kota adalah titik konsentrasi maksimal kekuasaan sekaligus budaya dari suatu komunitas.

Kota yang ideal selayaknya mencerminkan ruang hidup yang memerdekakan warganya tanpa membeda-bedakan. Bisa memberikan ruang seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas agar memperoleh pula akses sebanyak-banyaknya di semua tempat umum.   

Ada sekitar 600.000 orang penyandang disabilitas di British Columbia, termasuk di dalamnya adalah para pengguna kursi roda. Pemerintah harus memastikan seksama bahwa segala kegiatan apapun, di mana pun dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah. 

Semisal dalam gedung pertunjukan konser atau bioskop, selalu ada tempat bagi para pengguna kursi roda. Demikian pula untuk acara di ruang terbuka. Sebuah area di sudut tertentu disediakan secara istimewa bagi para pengguna kursi roda. Area yang didesain menyerupai panggung kecil, dibuat lebih tinggi sehingga menjadikan penonton di area tersebut bisa memandang lepas ke arah panggung acara tanpa terhalang oleh orang-orang yang berada di depannya, sekalipun mereka berdiri.

Seorang petugas berjaga, untuk sekedar membantu apabila dibutuhkan, sekaligus memastikan bahwa para pengguna kursi roda bisa menyaksikan acara dengan sangat nyaman.

Sebuah kabin portable khusus juga tersedia sehingga tak perlu meninggalkan area tersebut bila ada yang ingin menggunakan kamar mandi.

Dengan fasilitas yang lengkap, memudahkan dan menyenangkan seperti itu, para pengguna kursi roda maupun yang memiliki keterbatasan fisik lainnya, terlihat benar-benar menikmati acara.

Bertepuk tangan, mengetuk-ngetukkan jemari bahkan bernyanyi sekencang-kencangnya sambil menggoyang-goyangkan badan apabila yang terdengar adalah lagu favorit mereka.

Sama seperti penonton lainnya yang bukan berada di area khusus.

Kendaraan Pribadi

Transportasi Umum

Foto: Pinky Brotodiningrat

Ingin berenang? Gampang!

Sebuah kursi khusus bisa membantu pengguna kursi roda menceburkan diri ke kolam lalu berenang sepuasnya. 

Maka seluruhnya tersaji begitu menyenangkan bagi seluruh warga. Setara dan baik atas nama nilai-nilai kemanusiaan.

Dan keadilan bagi semua bukanlah sebuah ilusi.

Terima Kasih khusus kepada Ibu Maureen Newman.

Kembali