Festival Seni Pahat Pasir 2019

Festival Seni Pahat Pasir 2019

Festival Seni Pahat Pasir (Sand Sculpting Festival) merupakan ajang tahunan kelas dunia yang diselenggarakan di Pantai Parksville, Vancouver Island, British Columbia. 

Acara ini telah berlangsung selama 37 tahun sejak dimulai di tahun 1982. Selain diikuti oleh seniman-seniman pahat pasir dari Canada selaku tuan rumah, juga dari manca negara, seperti dari Rusia, Belanda, Italia, Belgia, Jepang. Diramaikan tak kurang dari 130.000 pengunjung tiap tahunnya.

Berlokasi di Parksville’s Community Park, di sebelah persis Lion’s Venture Land Playground and Water Spray Park, festival tahun ini berlangsung sejak 15 Juli sampai 18 Agustus 2019. Tema yang diusung selalu berbeda dari tahun ke tahun. Tahun ini bertema Mitos & Legenda (Myths & Legends). 

Dunia memang dipenuhi dengan mitos dan legenda yang, adakalanya membingungkan, namun sekaligus menghibur banyak orang selama ribuan tahun. Beberapa masih dianggap sebagai keyakinan kuat, meskipun ada juga di antaranya telah memudar seiring waktu. 

Para peserta dipersilakan untuk mengambil legenda dari belantara budaya dunia.

Selain dipamerkan, karya-karya seni ini juga dilombakan. Kriteria penjurian melingkupi kesulitan teknis dan kualitas artistiknya. Juara tahun ini berasal dari Rusia dan berhak mendapatkan hadiah uang senilai $2600!

Untuk mencegah agar hasil pahatan tidak rusak, peserta menggunakan campuran lem dan air yang disemprotkan ke pahatan mereka setiap 2 x sehari. 

Di bagian atas sculptures pun dipasang kawat untuk mencegah burung-burung hinggap di karya-karya seni tersebut.

Para seniman pahat pasir tersebut mendedikasikan 30 jam waktunya selama lebih dari 4 hari untuk menciptakan karya seni indah dan mengagumkan yang dibuat hanya berbahan dasar pasir dan air.

Sandtastics!

Cover Photo: Pinky Brotodiningrat

Kembali