Enam Puluh Ribu Lebih Kata-Kata di Vancouver

Enam Puluh Ribu Lebih Kata-Kata di Vancouver

Ilustrasi grafis bisa menyampaikan pesan yang jauh lebih kuat daripada kata-kata. ​​

Satu gambar bernilai seribu kata. 

Konon, pepatah tersebut dipakai pertama kali oleh seorang eksekutif periklanan, Fred R. Barnard, sewaktu mempromosikan iklan dari agensinya di Printer’s Ink tahun 1921, dengan tajuk “One Look Is Worth a Thousand Words”

Barangkali itu pula yang melatarbelakangi Create Vancouver Society, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan khusus bagi pengembangan seni serta budaya di kota Vancouver dan sekitarnya, untuk menghadirkan Festival Mural setiap tahun. Tahun 2020 ini, menandai tahun ke 5 penyelenggaraan Vancouver Mural Festival.

Meski dunia terlihat berbeda sekarang, namun seni publik tetap memainkan peran penting sebagai penghubung antara individu dengan komunitasnya. Melalui karya Mural berskala besar dan permanen, Create Vancouver Society menyediakan platform bagi siapapun yang ingin berkontribusi menyumbangkan warisan budaya kota yang tetap bisa dinikmati sepanjang masa. Tak lekang waktu.

Sudah memiliki 200 Mural tersebar di penjuru kota, Vancouver Mural Festival ini akan menambah jumlahnya dengan menampilkan 60 Mural baru. Berlangsung selama 3 minggu, mulai 18 Agustus hingga 7 September, pada 9 kawasan di seputaran Vancouver: 

  1. Mount Pleasant https://mountpleasantbia.com/
  2. Downtown https://www.dtvan.ca/
  3. Gastown https://gastown.org/about/gastown-bia/
  4. Marpole https://marpolevillage.ca/
  5. River District  https://riverdistrict.ca/
  6. Robson  https://robsonstreet.ca/
  7. South Granville  https://southgranville.org/
  8. Strathcona  http://strathconabia.com/
  9. West-End  https://westendbia.com/

Mengingat situasi dan kondisi saat ini, selain dapat menikmati Mural dengan ditemani oleh pemandu tur tanpa biaya, maka Vancouver Mural Festival juga hadir melalui aplikasi pada telepon seluler. Sehingga berbagai diskusi seni atau pertunjukan dapat diikuti secara online

Mural tak hanya sekedar goresan cat warna-warni di dinding. Mural mampu membuat semarak jalan-jalan kota secara artistik, menghadirkan perjalanan beragam sejarah sekaligus menjadi evolusi budaya dan bagian dari cerita kehidupan yang lebih besar.

Info: https://vanmuralfest.ca/

Back to Top