Duabelas Menit Membebani Sepuluh Ribu Tahun

Duabelas Menit Membebani Sepuluh Ribu Tahun

Fakta tentang plastik:

  1. Sejak 1950-an, sekitar 8,3 miliar ton plastik telah diproduksi di seluruh dunia. Hal itu setara dengan berat 80.000 Candi Borobudur bila ditumpuk menjadi satu (berat keseluruhan candi Borobudur sekitar 100.000 ton). Dari jumlah itu, hanya 9% yang telah diproses daur ulang.
  2. Menurut majalah National Geographic, 73% dari semua sampah pantai adalah plastik, seperti botol plastik bekas minuman, tutup botol, filter dari puntung rokok, plastik kemasan makanan dan alat rumah tangga, tas belanja atau biasa disebut tas kresek serta wadah polystyrene.
  3. Harian terkemuka Britania Raya, The Guardian, menemukan fakta bahwa 1 juta botol plastik dibeli di seluruh dunia setiap menit dan jumlah ini akan bertambah 20% lagi pada tahun 2021 jika kita tidak bertindak. Lebih dari 480 miliar botol minum plastik telah terjual di tahun 2016. Hanya 7% dari botol tersebut yang bisa berubah menjadi botol baru melalui proses daur ulang. Sisanya berhenti di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) atau di laut.
  4. Data EcoWatch menyebutkan angka 1 triliun bagi jumlah penggunaan kantong plastik di seluruh dunia setiap tahun dan setiap orang, rata-rata menghabiskan 12 menit saja saat memakai 1 kantong plastik.
  5. Cina dan Indonesia menduduki peringkat teratas sebagai penyumbang sampah dunia terbesar. Sejumlah 1/3 polusi plastik di lautan dunia berasal dari 2 negara tersebut.
  6. Sampah plastik membunuh lebih dari 1,1 juta burung dan hewan laut setiap tahun. Demikian pernyataan dari PBB. Selain itu, lebih dari 90% burung dan ikan diyakini memiliki partikel plastik di perutnya. Hal itu karena plastik telah pecah menjadi potongan-potongan kecil di laut, kemudian dimakan oleh ikan dan hewan laut lainnya.
  7. Universitas Plymouth di Inggris telah mendeteksi bahwa 700 biota laut menghadapi kepunahan di masa depan akibat meningkatnya konsumsi plastik. Ditengarai, sampah plastik pada tahun 2050 akan melebihi jumlah ikan di semua lautan.
  8. Sekitar 35 miliar kilogram sampah plastik mencemari lautan setiap tahun. Setara dengan berat 57.000 ikan paus biru.
  9. Kurang lebih 1,6 juta barel minyak diperlukan setiap tahun hanya untuk memproduksi botol air plastik.
  10. Mengurai plastik membutuhkan masa hingga 10.000 tahun lamanya.
Photo by Johnny Chen on Unsplash

Tanggal 10 Juni 2019, Perdana Menteri Justin Trudeau telah mengeluarkan penyataan resmi melarang penggunaan plastik sekali pakai di Canada. Peraturan akan diterapkan secara resmi mulai tahun 2021. โ€œBanyak negara sudah menjalankan ini dan Canada hendak turut serta aktif menyelamatkan bumiโ€, kata Trudeau. Meskipun demikian, pemerintah Canada masih mempertimbangkan pemakaian kantong plastik, botol minum plastik dan sedotan plastik.

Bumi ini cuma satu dan kita hanya meminjamnya dari anak cucu kita.

Cover Photo by Brian Yurasits on Unsplash

Kembali