Bicara Bahasa Bunga

Bicara Bahasa Bunga

Say It With Flowers! Slogan populer itu, konon, tercipta tahun 1917 di sela-sela obrolan antara Mayor Patrick O’Keefe dengan Henry Penn di sebuah Bar. Begitu menurut The Kiplinger Magazine edisi tahun 1960. Henry yang sedang menjabat sebagai presiden dari Society of American Florists, kebingungan menemukan frasa paling pas untuk organisasi tersebut. O’Keefe lalu menyodorkan ‘Say It With Flowers’. Menurutnya tidak ada yang tidak bisa diungkapkan lewat bunga. Saat seseorang mengirimkan atau memberikan bunga, maka segenap kata-kata sudah terwakili sebab bunga dapat mengatakan semuanya. 

Floriografi (Floriography) atau bahasa bunga telah berlangsung sejak era Victoria. Lewat bunga-bunga tertentu, orang-orang jaman Victoria mampu menyampaikan isi hatinya yang terpendam. Misalnya seorang laki-laki pasti memilih bunga Chrysanthemum merah untuk sekadar bilang ‘I Love You’ serta berharap menerima balasan berupa bunga Jerusalem Oak yang menyiratkan penerimaan dan bukan bunga Carnation bergaris-garis sebagai simbol penolakan. Namun sarana komunikasi penuh kode-kode itu berubah rumit. Sampai-sampai sebuah kamus Floriografi harus ditulis. Akibatnya, baik pengirim maupun penerima, mesti menelaah kamus terlebih dulu guna mencari tahu  dan memastikan benar bahwa bunga itu bermakna ‘Jangan Dekati Aku’ atau ‘Aku Mencintaimu Lebih Dari Yang Kau Tahu’. 

Menghidupkan kembali Bahasa Bunga, barangkali, jadi satu gagasan Fleurs de Villes NOEL yang bulan Desember 2021 ini kembali memajang karya seni instalasinya di Vancouver. Sekarang merupakan tahun ketiga dihitung sejak kali pertama dihelat tahun 2018 sekaligus pameran ke 10. Sebelumnya berlangsung di bulan Mei 2016, April 2017, Mei 2018, Agustus 2019, Desember 2019, Januari 2020, Desember 2020, Februari 2021 dan Juni 2021. 

Baca juga:  Keadilan bagi Semua Bukan Ilusi

Sudah banyak penelitian menyetujui bahwa hanya menatap bunga-bunga saja sudah memiliki efek positif lama pada suasana hati. Meredakan gelisah, cemas dan depresi. 

Maka silakan menghayati 45 kreasi menakjubkan bertema Natal, kerja sama apik dari para desainer lokal, toko bunga terbaik dan penghasil bunga, yang dipamerkan sepanjang jalan Robson dan jalan Alberni dengan dukungan penuh Downtown Business Improvement Association and Robson Street

Seperti penyair bilang, “Selalu saja ada bunga-bunga bagi sesiapa yang ingin memandangnya.”

Back to Top