Berkecipak Membelai Air

Berkecipak Membelai Air

Sedang Musim Panas di Canada. Akhir bulan Juni lalu bahkan temperatur di British Columbia begitu menggigit sampai mendekati 50 derajat Celsius. Fenomena yang luar biasa ganjil. Karenanya, berenang lalu menjadi hal yang paling banyak diminati. 

Tiap-tiap jenis olahraga memiliki selling point masing-masing. Namun berenang agaknya menawarkan hal-hal lebih khusus. Bukan hanya berupa semangat serta keceriaan melewati hari-hari Musim Panas yang terik semata, berenang juga dikategorikan olahraga paling intens. Menggunakan lebih banyak otot daripada baseball maupun sepak bola. Banyak orang malah menganggapnya sebagai bentuk meditasi oleh sebab adanya ritme membelai air selama kurun waktu tertentu.

Hirofumi Tanaka, profesor bidang Kinesiology sekaligus direktur pada Cardiovascular Aging Research Lab di University of Texas, Amerika, menyampaikan fakta bahwa saat terendam dalam air berarti tulang dan otot-otot sedikit terlepas dari hambatan gravitasi. Ini membuat berenang menjadi ideal bagi penyandang osteoartritis di mana, bagi mereka, beberapa olahraga lain bisa terasa sangat menyakitkan. Kekakuan arteri yang beresiko besar pada jantung pun dapat dikurangi. Sementara bagi orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, kesejukan dan daya apung air tentu saja lebih menarik dibandingkan aerobik. Meski demikian, air yang lebih padat daripada udara mengakibatkan bergerak melalui H20 memberi tambahan tekanan eksternal pada anggota tubuh sehingga tubuh bekerja keras ketika berenang. Maka dari itu diperlukan teknik tepat agar tekanan tersebut terdistribusi merata. Tidak menumpuk pada lutut, pinggul atau bagian lainnya. Bila dilakukan saksama dapat memperbaiki postur tubuh juga mencegah cedera punggung belakang akibat terlalu lama duduk. 

Soal mengatur pernapasan menghadirkan pula pembeda signifikan. David Tanner, peneliti pada Indiana University dan co-editor sebuah buku pegangan mengenai “The Science of Swimming” menjabarkan bahwasanya napas cenderung dangkal bila berlari atau bersepeda. “Sebaliknya dengan berenang, “ ujar Tanner, “Bisa menghirup napas cepat merasuk ke dalam lalu udara mengalir lancar keluar.” Cara bernapas semacam itu meningkatkan kekuatan otot-otot pernapasan, menjaga alveoli paru-paru, yaitu jutaan struktur berbentuk balon kecil yang mengembang dan mengempis saat pernapasan terjadi, dari kemungkinan kolaps dan saling menempel. Sebuah olah napas yang penting. 

Baca juga:  Festival Seni Pahat Pasir 2019

Vancouver punya 27 Outdoor Pools yang sangat memadai untuk berenang-renang sembari menimbun penuh-penuh Vitamin D. Berikut ini 7 tempat di antaranya:

1. Kitsilano Pool

Photo by Veronica Dudarev on Unsplash

2305 Cornwall Ave, Vancouver, BC V6K 1B6

2. Second Beach Pool

735 Stanley Park Dr, Vancouver, BC V6C 2T1

3. New Brighton Pool

3201 New Brighton Rd, Vancouver, BC V5K 5J7

4. Maple Grove Pool

6875 Yew St, Vancouver, BC V6P 5W2

5. Robert Burnaby Outdoor Pool

8175 Wedgewood St, Burnaby

6. Moody Park Outdoor Pool

701 10th St, New Westminster, BC V3M 3Z8

7. Central Park Outdoor Pool

6110 Boundary Rd, Burnaby, BC V5S 3R2

Cover Photo by Shazmyn Ali on Unsplash

Back to Top