Beranda

Langkah Perjuangan Hidup

Langkah Perjuangan Hidup

Rintangan… Air mata dan cercaan, Hempaskan… Melangkah, berjalan dan berlari pada tujuan… Kelak di akhir nanti, kita akan mendapatkan Kebahagiaan… Puisi oleh

Bersiap Memasuki Era “Edan”

Bersiap Memasuki Era “Edan

Disadari atau tidak, saat ini warga dunia, khususnya Indonesia, tengah memasuki era baru: Era “Edan”. Betapa tidak? Sejak serangan Covid-19, banyak “keedanan”

Didi Kempot: Perayaan Patah Hati

Didi Kempot: Perayaan Patah Hati

Sore hari di kaki Gunung Api Purba Nglanggeran, desa Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, tahun 2013. Sebuah acara digelar. Didi Kempot, penyanyi spesialis lagu-lagu bahasa Jawa, tampil sebagai bintang tamu. Usai bernyanyi, ia berujar beroleh buah pikiran dari hawa sejuk kawasan ekowisata itu. Tak lama,

JAJAN PASAR – Bagian Tiga

JAJAN PASAR – Bagian Tiga

Terdapat 2 karakteristik Jajan Pasar.  Pertama yaitu bahan pembuatannya yang “itu-itu” saja; jagung, singkong, ubi, ketan, kelapa, pisang, gula kelapa. Semuanya mengenyangkan. Bisa dijadikan pengganti nasi.

JAJAN PASAR – Bagian Dua

JAJAN PASAR – Bagian Dua

Jajan Pasar teramat pekat dengan tradisi setempat.  Di balik kebersahajaannya, tersemat nilai istimewa karena selalu menjadi bagian dari ritual perlintasan (rite of passage) hidup manusia, seperti kelahiran, pernikahan dan kehamilan.

KARTINI: Pemberani Memenangkan Tiga Perempat Dunia!

KARTINI: Pemberani Memenangkan Tiga Perempat Dunia!

Pelajaran sejarah di sekolah-sekolah selama ini di Indonesia, sebagian besar dan umumnya, menuturkan Kartini sebagai perempuan cerdas yang dipingit dan dilarang bersekolah, menulis surat-surat, kemudian dipaksa menikah, melahirkan lalu tiada. Kiranya, sampai di situ saja ‘perbincangan historis’ tentangnya. 

Mimi dan Mintuno

Mimi dan Mintuno

Kerapkali tersebar ucapan berisi pengharapan baik untuk sepasang pengantin, pada sebuah perhelatan pernikahan di Indonesia, khususnya dalam adat Jawa, “Mudah-mudahan langgeng senantiasa seperti Mimi dan Mintuno”.

Kembali