Babad Pencak Silat

Babad Pencak Silat

Ditengarai telah menyebar di Indonesia semenjak abad ke 7, kini Pencak Silat mengukir babad (sejarah) baru dengan dikukuhkannya sebagai The Intangible Cultural Heritage of Humanity – Warisan Budaya Tak Benda Untuk Kemanusiaan oleh UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada 14th UNESCO inter-ministerial General Assembly di Bogota, Colombia, tanggal 12 Desember 2019.

Beberapa tahun terakhir, Pencak Silat memang semakin dikenal dunia lewat kehadiran beberapa pesilat asli Indonesia seperti Iko Uwais dan Yayan Ruhian dalam film-film The Raid, Star Wars, John Wick dan Mile 22

Di samping unsur olahraga, Pencak Silat juga mengandung aspek mental spiritual, frasa filosofis, pertahanan diri dan artistik. Gerakan dalam Pencak Silat sangat dipengaruhi oleh berbagai elemen seni yang melibatkan kesatuan tubuh, disesuaikan dengan musik yang mengiringinya. Setiap daerah di Indonesia memiliki gaya, kostum, alat musik dan senjata khas masing-masing sembari tetap mempertahankan prinsip-prinsip dasar yang telah diajarkan dari generasi ke generasi.

Adapun sebagian besar gerakan dalam Pencak Silat diciptakan oleh nenek moyang dengan meniru gerakan binatang seperti kera, ular, harimau dan burung elang. Tradisinya diturunkan secara lisan. Langsung dari guru ke murid. Sehingga tulisan mengenai asal mula Pencak Silat ini sulit ditemukan. 

Photo: Unesco

Perkembangan Pencak Silat, secara historis, mulai tercatat di abad ke 14, ketika Pencak Silat telah melebur menjadi budaya serta bagian dari laku spiritual. Semakin berkembang pesat saat digunakan pula dalam pergerakan perjuangan melawan penjajah. 

Hal terpenting yang diajarkan Pencak Silat adalah ketrampilan menghadapi serangan atau situasi berbahaya lainnya dengan mengedepankan perlindungan diri. Menangkis bukan menyerang. Sebisa mungkin menghindari untuk melukai.. 

Seperti dituturkan oleh budayawan Cak Nun (Emha Ainun Nadjib), bahwa seorang pendekar yang sungguh-sungguh pendekar akan lari menjauh ketika ditantang berkelahi. Bukan takut, tetapi karena tidak akan tega menyakiti lawannya. Semakin berilmu tinggi, semakin tersembunyi. Tidak punya keinginan menjatuhkan siapapun.  

Pencak Silat adalah Warisan Budaya Dunia ke 10 yang berasal dari Indonesia selain Batik, Wayang Kulit (Shadow Puppet), Tari Saman,  3 jenis Tari Bali, Angklung dari Jawa Barat, Keris dari Jawa Tengah, Kapal Phinisi Sulawesi dan Noken Papua.

Congratulations Indonesia!

Cover Photo By Tropenmuseum, part of the National Museum of World Cultures, CC BY-SA 3.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=8616580

Kembali