Ailurophile

Ailurophile

Kucing. Ada yang menyukainya. Ada yang alergi dengan bulunya. 

Seorang teman berkisah kucingnya pernah melahirkan di atas pangkuannya saking eratnya relasi mereka. Teman lain bertutur tak sempat ada jeda waktu dalam hidupnya sejak usia 3 tahun sampai sekarang tanpa dikelilingi binatang penyimpan 9 nyawa itu.

Banyak pesohor dunia juga ailurophile (kata indah bermakna pecinta kucing). Semisal Cameron Diaz, George Clooney, Giorgio Armani, Drew Barrymore, Paul McCartney dan George Harrison. Saat masih di Gedung Putih, Presiden Amerika Serikat ke 42 Bill Clinton memelihara kucing yang dipanggilnya Socks. Dua kucing Taylor Swift dinamai Dr. Meredith Grey dan Detective Olivia Benson. Sementara musisi legendaris John Lennon memilih Elvis sebagai nama kucingnya. Mendiang Freddie Mercury memiliki kebiasaan menelepon kucingnya saat sedang melakukan konser musik keliling dunia bersama Queen dan Audrey Hepburn menyertakan kucingnya dalam film ikonik keluaran 1961: Breakfast at Tiffany’s.

Meski bukti arkeologis tertua kehadiran kucing di keseharian manusia berasal dari Cyprus, kepulauan Mediterania, pada seputaran tahun 7500 SM, namun ditengarai bahwa peradaban Mesir-lah yang memberikan andil paling besar menjadikan makhluk lucu dan menghibur itu sebagai binatang piaraan. Terlebih mereka juga memiliki Dewi Pelindung Kucing bernama Mafdet, Mehit dan Bastet

Bagi yang menganiaya kucing, hukuman mati menantinya.

Mulai dari tahun 2500 SM hingga 1793 SM, kucing adalah binatang yang paling sering dijadikan mumi oleh penduduk tepian Sungai Nil tersebut.

Photo by Jinwei Ding on Unsplash

Di Indonesia, kucing-kucing tak bertuan bisa berkeliaran bebas semaunya. Di sini, hal semacam itu tidak mungkin terjadi. Walaupun tidak tertuang dalam aturan hukum, namun pemerintah  Canada senantiasa mengingatkan pemilik kucing agar ikut andil mengendalikan pertumbuhannya. 

Setidaknya 38% penduduk Canada mempunyai kucing piaraan dan populasi kucing, saat ini, mencapai 8 juta ekor. Lebih besar daripada populasi anjing yang berjumlah 6 juta ekor.

Upaya mengelola perkembangbiakkan kucing peliharaan dapat dilakukan dengan melakukan operasi ringan pada organ reproduksi, baik pada kucing jantan maupun pada kucing betina. Sebuah langkah bijaksana sebetulnya, mengingat bahwa seekor kucing potensial melahirkan 50 – 150 ekor anak kucing sepanjang hidupnya. Biaya operasi tersebut tidak mahal. Hanya di kisaran $60 (kurang lebih Rp 700.000). 

Seandainya operasi tidak dilakukan, maka akan ada terlalu banyak anak kucing. Tempat perlindungan hewan pun bisa penuh. Apabila tidak ada orang yang mengadopsinya dan tempat penampungan juga kewalahan menjaga keberlangsungan hidup mereka secara layak, maka mereka dapat mati sia-sia.

Foto oleh Pinky Brotodiningrat
Foto oleh Pinky Brotodiningrat

Perbedaan lainnya terdapat dalam hal makanan. Di sini, orang-orang yang memelihara kucing meyakini bahwa makanan terbaik bagi hewan piaraannya adalah yang disiapkan oleh para profesional. Ada dua jenis makanan: basah dan kering. Makanan basah dijual dalam kaleng. Tetap aman selama belum melewati masa kadaluwarsa. Makanan kering juga tetap aman selama disimpan di tempat yang sejuk dan kering (bila terkena udara lembab dalam kurun waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan, maka makanan kering akan rusak).

Dalam suatu wawancara dengan awak media, istri Abraham Lincoln, Presiden Amerika Serikat ke 16, peletak dasar penghapusan perbudakan dan kesetaraan ras, ditanya mengenai β€œThe President’s favourite”. Sembari tersenyum simpul, Mary Todd Lincoln menjawab, β€œKucing!”.

Cover Foto oleh Eduardus Pradipto @ditronic

Kembali